Jenis Kopi

Jenis Kopi - Pernah tahu kopi bisa menurunkan berat badan? Loop pernah membahasnya lho, Loopers. Kali ini, bakal membahas macam-macam kopi yang bisa kamu konsumsi lho. Ternyata nih ya ada banyak banget lho jenis kopi itu. Nggak percaya? Ya udah langsung bahas aja ya.

Jenis Kopi 



Kopi Arabika
Jenis kopi ini merupakan jenis kopi yang paling banyak ditanam dan tersebar ke seluruh dunia lho, Loopers. Produsen penghasil kopi Arabika yang paling utama di dunia berasal dari negara-negara di benua Afrika. Sekarang ini, kamu bisa menikmati berbagai macam olahan kopi Arabika yang mengadopsi racikan sajian kopi Italia seperti cappuccino, latte, dan espresso.


Kopi Robusta
Sama seperti kopi Arabika, kopi Robusta juga merupakan kopi yang banyak diproduksi. Dibandingkan dengan kopi Arabika, kopi Robusta ini lebih mudah dibudidayakan karena tanamannya kuat dan tahan terhadap penyakit dan hama. Rasanya pun lebih kuat dan kandungan kafeinnya lebih banyak dari biji kopi Arabika. Pengolahan kopi Robusta ini biasanya dibuat sebagai kopi tubruk.

 Kopi Luwak
Ini nih kopi yang digadang-gadang sebagai kopi yang paling enak. Kopi luwak merupakan kopi yang dihasilkan dari konsumsi biji kopi oleh hewan luwak yang mana kopi tersebut akan terbuang bersama dengan ampas kotoran hewan itu sendiri. Kopi ini terkenal dengan kualitasnya karena hewan luwak ini nggak mau mengonsumsi kopi yang nggak matang.

Kopi Liberika
Kopi ini berasal dari Liberia, Afrika. Rasa yang dimiliki kopi Liberika ini bisa dikatakan seperti perpaduan antara kopi Robusta dan kopi Arabika. Kopi ini sering diolah menjadi espresso, latte, dan cappuccino.

Kopi Kolombia
Kopi Kolombia masih termasuk dalam golongan kopi Arabika dan diperkenalkan pertama kali di Kolombia pada tahun 1800an. Kopi ini biasa disajikan sebagai kopi hitam dan pemberi aroma pada cake kopi.

Kopi Lintong
Sama seperti kopi Kolombia, kopi Lintong ini masih termasuk dalam varietas kopi Arabika. Kopi ini berasal dari negeri kita sendiri, yaitu daerah Mandailing, Sumatera Utara. Kopi ini biasa disajikan sebagai kopi hitam.

Kopi Toraja
Kopi jenis Arabika ini tumbuh di dataran tinggi Toraja, Sulawesi Selatan. Biasanya kopi ini disajikan menjadi kopi tubruk dan kopi susu.

Kopi Kona
Merupakan jenis kopi yang paling langka dan paling mahal harganya. Kopi ini paling banyak diproduksi di Hawaii dan memiliki kandungan kafein yang paling tinggi di antara jenis kopi lainnya.

Wah ternyata banyak banget ya jenis kopi. Jenis kopi yang mana aja nih yang pernah kamu nikmati, (Minum Kopi)

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »